Secara Virtual, Bupati Indah Dikukuhkan Sebagai Bunda PAUD Bumi Lamaranginang

oleh -

 

 

Luwu Utara, BeritaQ.com – Bupati Luwu Utara Sulawesi Selatan Indah Putri Indriani kembali dikukuhkan secara virtual oleh Plt Gubernur Sukawesi Selatan (Sulsel) Andi Sudirman Sulaiman sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang, di Aula Lagaligo Kantor Bupati, Jalan Simpurusiang Kelurahan Bone Tua Kecamatan Masamba, Selasa 24 Agustus 2021 kemarin.

Bupati perempuan dua periode di Sulsel ini dikukuhkan secara virtual Plt Gubernur Sulsel bersama seluruh Bunda PAUD Kabupaten/Kota Se-Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman Sulaiman berharap kepada seluruh Bunda PAUD agar memberikan pendidikan karakter akhlak kepada anak-anak terutama yang berkaitan dengan kearifan lokal seperti Sipakatau dan Sipakalebbi. Selain itu, dirinya juga berharap Bunda PAUD terus melakukan upaya-upaya dalam penanganan stunting di wilayah Kabupaten masing-masing.

“Alhamdulillah sejauh ini kita di Sulawesi Selatan mampu menurunkan angka stunting 5% dari 35% ke 30%. Ini berkat dukungan dari kita semua di kabupaten dan kota,” sebut Andi Sudirman.

Sementara Bunda PAUD Kabupaten yang berjuluk Bumi Lamaranginang Indah Putri Indriani menyampaikan terimakasihnya telah mendapatkan penghargaan predikat tertinggi dalam penanganan stunting kepada ibu-ibu PKK di Kecamatan sampai Desa/Kelurahan.

“Saat ini Kabupaten Lutra sudah memiliki fasilitas PAUD di 166 desa dan 7 kelurahan. Bahkan menurutnya ini sudah dilakukan sejak beberapa tahun lalu,” tuturnya usai dikukuhkan sebagai bunda PAUD.

Tak hanya itu, Indah menambahkan bahwa, penanganan stunting juga menjadi salah satu program utama yang dilakukan. Dimana sejauh ini pihaknya bersama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, pemerintah kecamatan, desa dan kelurahan terus berkomitmen untuk melakukan penanganan stunting.

Kita terus melakukan upaya penurunan angka stunting setiap kecamatan, desa dan kelurahan. Dan langkah-langkah yang kita telah lakukan untuk menurunkan angka stunting di Kabupaten yang dijuluki Bumi Lamaranginang yakni, melalui pelatihan kader, pembenahan Posyandu, pengaruh pola asuh anak dan bayi, perbaikan gizi selama kehamilan dan menyusui.

“Dan juga melatih kader Posyandu serta pembenahan administrasi Posyandu disetiap kelurahan/desa dan dusun, sehingga anak yang ditimbang bisa diketahui penyebabnya dimana, sehingga didapatkan data riilnya,” sambungnya.

Sekadar diketahui Indah Putri Indriani saat pengukuhan mengenakan batik khas Rongkong dengan warna hitam dikombinasikan dengan masker warna orange, serta hadir mendampingi Bupati yakni, Kadis Pendidikan Jasrum, Ketua TP PKK Lutra Rahma Nursaid Suaib, Ketua DWP Lutra Dalfia Armiadi, serta para Camat dan Ketua TP PKK Kecamatan.(yus)