Jajaran Polda Metro Jaya Silaturahmi Pemuda Pemudi Papua dan Papua Barat

oleh -

Jakarta – Jajaran Polda Metro Jaya mengadakan acara Silaturahmi Pemuda Pemudi Papua Dan Papua Barat Bersama Kapolda Metro Jaya, acara yang berlangsung pada tanggal Sabtu, 29 Mei 2021 ini dihadiri 170 orang , acara yang berlangsung di Gedung Wira Purusa LVRI DKI ( Gedung Veteran),Duren Sawit , Jakarta Timur.

Pada kesempatan tersebut adapun tamu – Tamu penting lainnya yang diundang diantaranya Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si.( Kapolda Metro Jaya ), Ayub FAradiba ( Ketua Umum Ikattan Keluarga Besar Papua /IKBP /SENIOR), SUKU – SUKU DI PAPUA ), Ayub Faradiba ( Ketua Umum Ikatatan Keluarga Besar Papua /IKBP ),Mamberob Yoshepus Rumakiek ( Perwakilan DPD RI Papua Barat) , *Arman Asso ( Ketua Pemuda Papua Muslim DKI Jakarta ).

Dalam sambutannya Kapolda Metro Jaya Irjen. Pol. Dr. Drs. H. Muhammad Fadil Imran, M.Si. mengatakan, Suatu kebahagian bagi saya dapat berkumpul di tempat ini untuk bersilaturahmi dengan adik-adik saya, mudah-mudahan pada hari ini pertemuan kita bersama adik-adik mahasiswa papua kedepannya dapat tetap terus dan apa yang dibutuhkan oleh adik-adik semua saya siap membantu.

“saya sangat berapresiasi dengan adanya acara ini, karena acara ini kita dapat satukan visi dan misi untuk Indonesia, saya sangat bangga kepada adek-adek mahasiswa papua karena merak tersebar dari sabang sampai daerahnya asal marauke, saya tau apa kemauan adek-adek mahasiswa dan saudara-saudara saya ini, dan nanti jika adek-adek mahasiswa ataupun masyarakat papua yang ada di Jakarta ada masalah ataupun butuh bantuan, bilang saya kalau tidak bilang ke Kapolres pasti kami bantu, bahkan saya berharap, Jakarta ini menjadi aman menjadi nyaman bagi masayarakat papua dari segi pendidikan, bermasyarakat dan beribadah juga dan itu semua adalah tugas saya sebagai Kapolda, maka dari itu mari kita jaga sama-sama kondisi yang damai sekarang ini.” tuturnya.

Masih dengan Kapolda, dalam kesempatan ini juga saya ingin menjalin komunikasi dengan intens biar ada kedekatan fisik maupun batin, dan saya menyampaikan kepada adik-adik saya semua karena di masa pandemi saat ini tetaplah mematuhi protokol kesehatan yang sudah di anjurkan oleh pemerintah” ungkapnya.

Dalam penutupanya Kapolda Metro Jaya menyampaikan bahwa beliau berharap nantinya adik-adik mahasiswa ini kedepannya akan menjadi agen-agen perdamaian yang melestarikan budaya Papua untuk Indonesia, serta kedepannya dapat bekerja sama anatara Kepolisian khususnya Polda Metro Jaya dengan seluruh element yang ada di Papua.

Selain itu pada acara yang  sama  sambutan juga disampaikan oleh Mamberob Yoshepus Rumakiek (Perwakilan DPD RI Papua Barat) bahwa beliau berterimakasih kepada semua pihak yang terkait, dan saya sangat respect terhadap acara ini, karena acara ini jadi kita bisa mengenal satu sama lain, dan yang hadir di sini adalah putra putri asli dari papua, adik-adik saya yang sangat saya cintai saya berterima kasih atas ini semua.

”Kita disini adalah satu, mahasiswa asli papua, ada PNS papua juga kami berkomitmen untuk setia terhadap NKRI, kami disini adalah sebagai wadah untuk mahasiswa papua, dan masyarakat papua yang ada di Jakarta.”ungkapnya.

Lanjutnya, Berbicara untuk Otsus , kami sangat mendukung kebijakan yang di rencakan pemerintah untuk memperpanjang otsus ini, kami sangat terbantu atas adanya otsus ini, dari mulai infrakstruktur pembangunan, tempat ibadah , sampai pendidikan kami sangat terbantu, dan sebagian besar adik-adik yang ada disini semuanya rata-rata berkuliah menggunakan otsus tersebut.

”Maka dari itu, kita berkumpul disini dengan bapak Kapolda, kami masyarakat menyatakan kita itu satu, kami Papua dan Kami adalah Indonesia, tidak satu golongan pun yang dapat merusak persatuan dan kesatuan kami, terimaksih dengan apa yang sudah diberikan Indonesia kepada masyarakat Papua.” jelasnya.

Bahkan Arman Asso selaku Ketua Pemuda Papua Muslim DKI Jakarta turut menyampaikan, Kami ucapkan terimaksih kepada semua jajaran kepolisian terutama bapak Kapolda yang sudah menerima dan memberikan ruang kepada kami untuk menjalin silaturahmi, momentum ini bagi kami sangatlah langka.

“Dan terimkasih juga kepada Kakak Yoshep yang sudah hadir ditengah-tengah kami, tujuan kami beramah tamah dengan saudara-saudara , adik-adik dan senior-senior saya untuk menyatukan visi dan misi demi kemajuan Papua dan kemajuan Indonesia juga, terimakasih.”pungkasnya.

Acara diakhiri dengan pembagian simbolis Sembako kepada perwakilan dari Pemuda pemudi Papua / Papua Barat. (ist)