Lahirkan Penguatan Kapasitas ASN, Wakil Bupati Luwu Utara Teken MoU dengan LAN RI

oleh -

 

Luwu Utara, beritaQ.com – Supaya pelayanan yang memuaskan kepada masyarakat terus dipacu untuk menjawab kebutuhan yang mendasar yang mudah, murah dan cepat, seperti Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan yang inovasi ANC Hipnoterapi untuk menjawab permasalahan dalam tingginya angka kematian ibu hamil dan bayi.

Inovasi ini masuk dalam TOP 50 Inovasi Pelayanan Publik Terbaik di Indonesia. Wakil Bupati Luwu Utara, Suaib Mansur usai menandatangani Nota Kesepakatan atau MoU dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN) didampingi beberapa Deputi LAN, di Puslatbang KMP LAN Makassar, Kamis 25 Maret 2021 kemarin.

“Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra) Sulawesi Selatan (Sulsel), Suaib Mansur menjelaskan bahwa, ANC Hipnoterapi adalah inovasi yang sudah mewakili Indonesia di kompetisi inovasi tingkat dunia, UNPSA, dan bersanding dengan inovasi dari negara lain,” tutur Suaib Mansur usai teken MoU bersama LAN RI.

Penandatanganan MoU bersama LAN RI, tentang penguatan kapasitas Pemda Lutra melalui penyelenggaraan kegiatan kajian kebijakan, inovasi, pelatihan dan pengembangan kompetensi, serta pendidikan tinggi.

Wakil Bupati Lutra mengharapkan bimbingan dan kerjasama kita supaya lahir penyelenggaraan pemerintahan yang efektif dan efisien di Bumi Lamaranginang julukan Luwu Utara.

MoU antara LAN dan Pemkab Luwu Utara ini, merupakan momentum penting bagi kedua belah pihak, terutama dalam mengembangkan kapasitas dan kompetensi bagi aparatur sipil negara di Kabupaten Lutra.

“Keterlibatan kami di Lembaga Administrasi Negara RI dalam upaya mencerdaskan dan kembangkan akreditasi SDM ASN di Lutra, dengan adanya MoU ini kita bisa bersama sama mencerdaskan bangsa,” ujar Suaib Mansur pada media ini via WhatsApp, Jumat 26 Maret 2021.

Sebagaimana diketahui UU sudah mengatur ASN punya hak mendapatkan pengembangan kompetensi 20 jam pelajaran pertahun, maka sebagai pemerintah bagaimana caranya memenuhi hak ASN tersebut sehingga butuh terobosan inovasi kalau hanya basis tranning tidak akan cukup.

“Suatu penghargaan dan ke syukuran atas penandatanganan MoU ini, ucapan terimakasih atas inisiasi ini karena memajukan daerah butuh tenaga yang handal kita berharap bersama dengan keterlibatan LAN RI sebagai lembaga yang profesional memiliki skill mampu memberi perubahan kemajuan yang signifikan,” ungkap Wakil Bupati Luwu Utara.

Usai kegiatan penandatanganan MoU tersebut, dirangkaikan dengan pembukaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional tingkat II angkatan VII tahun 2021. Hadir dalam kegiatan ini yakni, Kepala LAN RI, Kepala BKPSDM Sulsel mewakili Plt Gubernur, Walikota Bau Bau, Bupati Buton Selatan Sulawesi Tenggara dan Bupati Pangkep Sulsel.(yus)