Tingkatkan SDM Potensi SAR, Kantor Basarnas Mamuju dan Pemkab Bangun Sinergitas

oleh -

 

Mamuju, beritaQ.com РKepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Mamuju Saidar Rahmanjaya, S.H.,M.A.P, melakukan koordinasi dengan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamuju dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan, musibah dan atau bencana di wilayah Kabupaten Mamuju. Rabu, 24 maret 2021 di Mamuju.

Kedatangan Ka Kantor Basarnas disambut langsung oleh Bupati Mamuju Siti Sutinah Suhardi, SH.,M.Si di ruang kerjanya beliau yang juga merupakan Rumah Jabatan (Rujab) yang dijadikan Kantor sementara pasca Gempa di Kabupaten Mamuju.

Dalam pertemuan tersebut Sidar Rahmanjaya menyampaikan terkait kegiatan Operasi SAR yang telah dilaksanakan selama tahun 2020, jumlah bencana maupun Musibah yang telah terjadi hingga Maret 2021.

“Disamping itu, program kegiatan pembinaan Potensi SAR yang akan terus dilaksanakan oleh Basarnas Mamuju tidak luput dari pembahasan, seperti Pelatihan Potensi SAR, Bimbingan SAR, SAR Community, SAR Goes to School, Latihan Gabungan serta Rapat Koordinasi SAR yang bertujuan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia yang selalu siap untuk mendukung kegiatan Operasi Pencarian dan Pertolongan ketika kecelakaan, musibah dan atau bencana terjadi,” ungkap Saidar.

Pada kesematan yang sama, Bupati Mamuju, Sitti Sutinah Suhardi mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap Basarnas Mamuju yang telah banyak membantu masyarakat Mamuju pada saat penanganan musibah gempa bumi, kecelakaan dan musibah lainnya yang terjadi.

“Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Mamuju siap mendukung dan bekerja sama dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Mamuju,” kata Tina sapaan akrab Bupati.

Melihat kondisi cuaca saat ini, dimana sangat berpotensi terjadinya kecelakaan atau musibah, Ia berharap pihak Basarnas dapat memberikan pembekalan atau pelatihan terhadap masyarakat serta potensi SAR yang ada.

“Hal tersebut dilaksanakan agar masyarakat dapat memahami apa yang harus dilakukan apabila terjadi musibah maupun bencana, sehingga dapat mengurangi dampak korban jiwa,” ujar Bupati perempuan pertama di Sulbar ini.

Kunjungan serupa, pada kesempatan yang berbeda Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan BASARNAS Mamuju juga menyambangi kediaman Wakil Bupati (Wabup) Mamuju Ado Mas’ud, S.sos.

Senada dengan Bupati, Wakil Bupati Mamuju, mengucapkan terimakasih dan sangat berharap Basarnas dengan Pemkab terus bersinergi kedepan mengingat daerah ini rawan bencana dan Musibah.

(Hms/Gid).