Sosialisasi Geopark Natuna Supaya Siswa Menjadi Contoh Masyarakat Natuna

oleh -

BeritaQ.com Natuna – Babinsa Desa Harapan Jaya Kopda Edi Sufriyadi melaksanakan sosialisasi Geopark Natuna kepada siswa-siswi SMA Negeri 1 Bunguran Tengah. Tujuannya dalam rangka TMMD ke 110 Kodim 0318/Natuna dengan motto TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri. Babinsa Desa Harapan Jaya mensosialisasikan Geopark yang ada di Natuna kepada Siswa-siswi SMA N 1 Bunguran Tengah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ibu Tantri Apriyana dan Ibu Iva Nur Rosita dari Majelis guru SMA N 1 Bunguran Timur, Guru Pendamping Siswa Bapak Lareza Saputra yang merupakan guru seni dan budaya), serta siswa-siswi SMA N 1 Bunguran Tengah 20 orang.

Babinsa memberikan pentingnya menjaga kelestarian alam dimana Geopark merupakan sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan yang memiliki situs warisan geologi dan bentang alam yang bernilai.

Terkait aspek warisan geologi, keragaman hayati dan keragaman budaya. Dimana di dalamnya tidak hanya sebagai tempat konserpasi namun juga sebagai sarana ilmu pengetahuan serta pengembangan ekonomi masyarakat tepatnya melalui geowisata.

Natuna memiliki wilayah banyak keragaman salah satu warisan dunia yang dikelola menjadi GEOPARK tujuannya adalah melawan kerusakan lingkungan, menjaga dan melestarikan warisan tersebut khususnya bagi kaum milineal atau kaum muda karena merekalah harapan bangsa kedepan nantinya.

Babinsa juga berpesan, apabila ada kegiatan wisata dari sekolah ataupun libur supaya siswa menjadi contoh bagaimana menjaga lingkungan tempat wisata tersebut terjaga kebersihan dan kelestarian alamnya. Karena geopark juga membantu pengembangan wilayah meningkatkan ketahanan masyarakat dari bencana, serta mendidik masyarakat pada kehidupan yang lebih baik dengan menghormati budaya yang beragam. (ist)