Dilantik Gubernur Sulbar, Sutinah Suhardi Catat Sejarah Bupati Perempuan Pertama di Mamuju

oleh -

 

Mamuju, beritaQ.com – Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, Mamuju Tengah dan Pasangkayu dipimpin langsung oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar. Jumat (26/02/2021).

Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar memimpin seremoni pelantikan dan pengambilan sumpah/janji jabatan Bupati dan Wakil Bupati untuk tiga Kabupaten di Sulawesi Barat.

Masing-Masing, Siti Sutinah Suhardi dan Ado Mas’ud sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mamuju, M Aras Tammauni-Amin Jasa sebagai Bupati dan Wakil Bupati Mamuju Tengah, serta Yaumil Ambo Djiwa dan Herny Agus sebagai Bupati dan Wakil Bupati Pasangkayu.

Khusus untuk Sutinah Suhardi, momentum pelantikan yang digelar di Rujab Gubernur Sulawesi Barat tersebut bakal tercatat dalam sejarah Kabupaten Mamuju. Putri sulung anggota DPR RI, Suhardi Duka itu resmi jadi Bupati perempuan pertama dalam sejarah kepemimpinan di Kabupaten Mamuju.

Menelisik jauh ke belakang, tak satu pun sosok perempuan yang pernah memimpin roda pemerintahan di daerah yang lekat dengan sebutan ‘Bumi Manakarra’ ini.

Dihimpun dari berbagai sumber, mulai dari Andi Paccoba Amrullah yang jadi Bupati Mamuju pertama, lalu digantikan oleh Abdul Madjid Pattaropura yang Bupati Mamuju kedua, Lalu ke Kapten Anumerta Abd Wahab Azasi Bupati Mamuju ketiga, lalu ada Kolonel (Purn) TNI Atik Sutedja Bupati Mamuju keempat.

Berlanjut ke Bupati Mamuju kelima yang dijabat H. Hapati Hasan, berlanjut ke Letkol Inf. Musa Karim sebagai Bupati Mamuju keenam, kemudian Bupati Mamuju ketujuh yang dijabat oleh Brigjen (Purn) H. Djuritno, berlanjut ke Kolonel (Purn) H Nurhadi Purnomo yang Bupati Mamuju ke kedelapan.

Tongkat estafet kepemimpinan di Mamuju beralih ke H Almalik Pababari sekaligus tercatat sebagai Bupati Mamuju ke sembilan, lalu Suhardi Duka yang Bupati Mamuju kesepuluh, dan terakhir sekaligus Bupati Mamuju kesebelas ada nama Habsi Wahid.

Perhari ini, resmi sudah Kabupaten Mamuju dipimpin oleh seorang Bupati perempuan. Siti Sutinah Suhardi yang berpasangan dengan politisi PDI Perjuangan, Ado Mas’ud sukses meraup dukungan mayoritas pemilih di Kabupaten Mamuju pada gelaran Pemilukada tahun 2020 lalu.

Keduanya berhasil mendapatkan dukungan suara sebanyak 76.627 suara alias 53,3 Persen. Sekaligus mengalahkan duet petahana, Habsi Wahid-Irwan Satya Putra Pababari yang harus puas dengan raisan 67.029 suara. (**/Gid).