Prajurit Kodim 0414/Belitung Mengamankan Pelaksanaan Sholat Idul Futri 1441 H Di Wilayah Kabupaten Belitung dan Belitung Timur

oleh -

BELITUNG — Suasana hari Raya Idul Fitri di seluruh wilayah Kodim 0414/Belitung pada masa Pandemi Covid 19 ini menyita perhatian Pemerintah Pusat dan Daerah maupun berbagai elemen Masyarakat. karena kita semua harus memperhatikan protokol kesehatan. sasaran pengamanan hari Raya Idul Fitri antara lain Masjid Al-Mabrur Kota Tanjungpandan, halaman SDN 14 Sijuk, Masjid Agung Darussalam Manggar Belitung Timur serta beberapa masjid lainnya diwilayah Kodim 0414/Belitung, Minggu (24/5/2020).

Dalam pengamanan ini TNI-Polri menjaga pintu gerbang untuk memeriksa suhu tubuh, penggunaan masker dan wajib cuci tangan memakai sabun.

Kutipan Khutbah yang di sampaikan oleh H. Hanafi Suri  dengan Tema “Meneguhkan nilai Fitrah dimasa Pandemik Covid-19”

Alhamdulillah dengan penuh hidayah Allah SWT, di pagi yang cerah ini kita dapat bersama – sama melaksanakan shalat Idul Fitri 1441H dimasa Pandemik Covid-19 dengan penuh ke khusyukan, kebahagiaan, dan persaudaraan, Oleh karena itu marilah kita bersyukur atas nikmat Allah SWT atas hidayah dan Inayah-Nya sehingga kita ditakdirkan untuk hadir bersama-sama di masjid yang dimuliakan Allah ini, karena masih banyak saudara-saudara kita yang berhalangan, tengah berada di jalan atau terbaring sakit.

Dalam suasana gembira merayakan hari raya ‘Idul fitri 1441 H, kita semua kembali berkumpul bersama-sama di tempat ini melantunkan takbir dan tahmid sebagai ungkapan rasa syukur serta terima kasih kita kehadirat Allah SWT, Kita mengagungkan dan memuji asma Allah, Tuhan yang Maha Agung lagi Maha Pengasih dan Maha Penyayang.

Dengan menghayati kalimat takbir dan tahmid ini akan tehunjam pengertian dan pemahaman ke relung hati kita masing-masing yang lebih dalam betapa kecil dan kerdilnya kita sebagai manusia berhadapan dengan kebesaran serta kekuasaan Allah SWT. Oleh karena itu, kearogansian, kesombongan, kepongahan, ketakaburran yang disebabkan oleh kekuasaan, jabatan, kedudukan dan harta, kita campakkan sebab semuanya itu semu serta tidak abadi sama dengan kefanaan alam termasuk di dalamnya manusia itu sendiri yang kedudukannya sebagai elemen terkecil dari seluruh sistem alam.

Di tengah-tengah suasana COVID-19 ini, mari kita laksanakan himbauan Pemerintah untuk menjaga kesehatan dengan membudayakan hidup bersih dan sehat serta makan makanan yang bergizi, memakai masker, mencuci tangan dengan
sabun dan tetap beribadah, belajar dan bekerja di rumah.

Kita berharap agar wabah yang menimpa dinegri yang kita cintai ini akan segera berakhir dan selalu bersabar dan bertawakal kepada Allah SWT.Aamiin Ya Rabbal Alamin marilah kita bersama-sama memohon kehadirat Alloh Subhanahu Wata’ala dengan berdoa agar virus Corona atau Covid 19 segera sirna dari muka bumi ini seraya menengadahkan kedua tangan memimpin Doa tutup H. Hanafi. (ar/ale)