PT. KAI Daop 8 Surabaya, Pembatalan Transportasi Hingga 31 Mei 2020

oleh -
Transportasi jalur darat dengan Kereta Api / An9

BeritaQ.Com Surabaya PT. Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 8 Surabaya perpanjang pembatalan seluruh perjalanan KA Penumpang Jarak menengah dan jauh hingga 31 Mei 2020.

Sesuai Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor PM 25 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama masa Mudik Idul Fitri Tahun 1441 H, dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. PT. KAI  mendukung program pemerintah dalam hal pelarangan mudik pada masa angkutan Lebaran.

Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, pembatalan perjalanan KA penumpang jarak menengah/jauh ini, untuk sementara ditetapkan hingga 31 Mei  2020, sambil dilakukan evaluasi mengikuti perkembangan di lapangan.

“Sesuai dengan PM 25 Tahun 2020, arangan sementara pengunaan sarana transportasi mulai berlaku pada tanggal 24 April 2020 sampai dengan tanggal 31 Mei  2020. Dimana batas waktunya masih bisa diperpanjang kembali. Jika terdapat perpanjangan waktu pembatalan operasional perjalanan KA,  maka akan diinformasikan kembali secara resmi,” jelas Suprapto, Manajer Humas PT KAI Daop 8 Surabaya.

Total ada 41 perjalanan KA Jarak jauh/ menengah yang tidak beroperasional hingga tanggal 31 Mei 2020 di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya, dengan tujuan kota dari KA Jarak jauh/menengah tersebut diantaranya KA yang menuju Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Cilacap, Cirebon, Purwokerto, Jember dan Banyuwangi.

Sementara untuk perjalanan KA Lokal di wilayah PT KAI Daop 8 Surabaya yang pada kondisi normal ada 46 perjalanan KA, masih terdapat 25 perjalanan KA Lokal yang masih beroperasi dan 21 perjalanan KA Lokal lainnya telah dibatalkan.

KA Lokal yang dibatalkan tersebut diantaranya KA Komuter relasi Bangil – Surabaya Kota/pp, KA Komuter Sulam relasi Surabaya Turi – Lamongan/pp, dan KA Jenggala relasi Sidoarjo – Mojokerto/pp.

Sedangkan untuk KA lokal yang masih beroperasi diantaranya KA Penataran relasi Surabaya Kota – Malang – Blitar/pp, KA Dhoho relasi Surabaya Kota – Kertosono – Blitar/pp, KA Lokal Bojonegoro relasi Siodoarjo – Surabaya  Pasar Turi – Babat/pp, dan KA Lokal Kertosono relasi Surabaya  Kota – Kertosono/pp. (M9)