Bawaslu Beltim : Tahapan Pendaftaran Pencalonan Tak Ada Pelanggaran

  • Whatsapp

BELITUNG TIMUR, — Masa tahapan pendaftaran pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Belitung Timur (Beltim) dimulai dari tanggal 4 September sampai 6 September tahun 2020.

Sebanyak Dua Pasangan Bakal Calon telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Beltim di hari yang sama dan merupakan hari terakhir dari masa tahapan.Minggu (05/09/2020).

Terkait di masa tahapan pendaftaran pencalonan di KPU Beltim, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Beltim, telah melakukan pengawasan langsung terhadap proses penerimaan berkas Pasangan Bakal Calon oleh KPU Beltim.

Ketua Bawaslu Kabupaten Beltim Wahyu Epan Yudhistira ST, M.Eng, kepada Wartawan mengatakan Bawaslu Beltim telah melakukan tugasnya sebagai pengawas Pilkada Beltim tahun 2020 yang baru masuk ditahapan pendaftaran pencalonan.

“Sebagaimana Kita ketahui bersama, bahwa hari ini (6 September 2020) merupakan hari terakhir masa tahapan pendaftaran yang dimulai dari 4 September sampai 6 September tahun 2020, dari hasil pengawasan langsung yang dilakukan Bawaslu terkait prosesi penerimaan pendaftaran penyerahan berkas pencalonan, baik itu calon maupun pencalonan, sejauh yang kita cermati secara kelengkapan itu sudah terpenuhi semua yang menjadi syarat dan ketentuan dari pencalonan,” ujarnya.

Menurut Wahyu Epan Yudhistira, dalam tahapan pendaftaran pencalonan ini, semua berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan yang ada, tidak ada potensi dugaan pelanggaran.

“Memverifikasi keabsahan dan validasi dari dokumen yang disampaikan itu ada pase berikutnya, termasuk juga sejalan dengan pemeriksaan kesehatan dan tentu juga hasil dari pemeriksaan kesehatan bagian dari satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari proses pendaftaran, sehingga sampai detik tanggal 23 September itu penetapan calon, itu yang secara tekhnis maupun secara diluar tekhnis penerimaan berkas oleh KPU, semua berjalan sebagaimana yang Kita harapkan, dalam artian tidak ada hal yang serius yang masuk dalam kategori potensi dugaan pelanggaran,”jelas Epan sapaan akrab Ketua Bawaslu Beltim ini.

Selanjutnya Wahyu Epan Yudhistira, menyebutkan dalam hal pengawasan disaat pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, akan ada Dua Anggota Bawaslu yang ditugaskan mengawasinya.

“Bawaslu Belitung Timur akan mendampingi proses pemeriksaan kesehatan yang difasilitasi KPU Belitung Timur di RSPAD Gatot Soebroto, itu akan dihadiri dari Dua Anggota Bawaslu secara bergantian akan melakukan pemastian juga dan pengawasan langsung atas proses yang dilakukan oleh KPU dengan melibatkan RSPAD sudah sejalan atau sudah memenuhi ketentuan dan aturan yang ada,”bebernya.(SLIS/BQ).

Pos terkait